Pengaruh The Big Five Personality terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati Pontianak
Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelima dimensi dari the big five personality terhadap kinerja karyawan yaitu extroversion, emotional stability, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dilihat dari absensi karyawan dan tingkat penjualan hunian kamar hotel. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh sifat, karakter, dan kepribadian karyawan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh the big five personality terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan menyelidiki pengaruh ataupun juga hubungan antara the big five personality dengan kinerja karyawan pada Hotel Merpati Pontianak. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara kuesioner dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan skala likert, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji goodness of fit. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa dimensi kepribadian dari the big five personality yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati Pontianak adalah dimensi openness to experience. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah Hotel merpati Pontianak harus melakukan pengembangan karakter untuk karyawannya yang memiliki dimensi kepribadian yang rendah dan Hotel merpati Pontianak bisa menggunakan teori the big five personality dalam melakukan rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan, dan pembinaan karyawan.