Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Fashion di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi pelanggan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasarn umkm fashion di kota pontianak. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai populasi. Teknik pengambil data dengan metode purposive sampling. teknik analisis data berupa analisis statistik dengan menggunakan spss versi 22 dengan pengujian validitas, reabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisisregresi linier dan hipotesis uji F, uji t. Hasil dai pengujian tersebut menunjukan orientasi pelanggan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sedangkan variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Referensi
Asuari Sofjan, 2011, manajemen pemasaran:Dasar, konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers
Ferdinand, Augusty, Metologi Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Ilmu manajemen. Semarang: Badan penerbit AGF BOOKS, 2014.
Ferdinand, Augusty. Structural Equation modeling: Dalam penelitian manajemen. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro, 2000.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Rusyadi Abubakar, Manajemen pemasaran, Bandung: Alfabeta, 2018.