Faktor-Faktor Usaha Pembelian, Persepsi terhadap Risiko, dan Keterlibatan Konsumen terhadap Jasa Penginapan pada Hotel Merpati di Pontianak
Abstrak
Adapun penelitian ini dilakukan supaya dapat mengetahui faktor usaha pembelian, persepsi terhadap risiko, dan keterlibatan konsumen terhadap jasa penginapan hotel. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menginap pada Hotel Merpati di Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental dan diambil sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor usaha pembelian, persepsi terhadap risiko dan keterlibatan konsumen yaitu kemudahan dalam menghubungi pihak hotel, proses reservasi kamar, negosiasi harga via telepon, proses check in dan menghubungi petugas, kesesuaian fasilitas dan harga yang ditawarkan, pandangan masyarakat, prosedur check in dan check out, citra individu, kerugian akibat menurunnya nilai produk, sudah menginap sebelumnya, sesuai minat pribadi, banyak kemudahan, harga yang murah, dan termasuk hotel katagori baik. Sarannya adalah memberikan kemudahan dalam menghubungi pihak hotel, menjaga nilai produk serta memberikan fasilitas dan pelayanan yang lebih baik lagi.