Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Swalayan Garuda Mitra di Pontianak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh Toko Swalayan Garuda Mitra Pontianak khususnya dalam hal kebijakan harga dan lokasi dan seberapa besar pengaruh harga dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berbelanja di toko swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Penulis menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sample sebanyak seratus konsumen. Faktor harga atas barang-barang yang ditawarkan oleh Toko Swalayan Garuda Mitra di Pontianak dari analisis koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa variabel harga dan lokasi berpengaruh sebesar 64,4 persen terhadap variabel minat beli konsumen. Berdasarkan hasil Uji t dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansinya yang sebesar 0,000 untuk variabel harga dan variabel lokasi adalah 0,003 dimana kedua nilai ini lebih becil dari 0,05, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.