Pengaruh Kualitas Produk, Kinerja Layanan dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Minyak Pelumas Shell pada PT Riodi Jaya di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas produk, kinerja layanan dan brand equity terhadap keputusan pembelian minyak pelumas shell pada PT Riodi Jaya di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisian kuesioner oleh responden dengan menggunakan alat analisis skala rating. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan pada PT Riodi Jaya di Pontianak yang berjumlah 174 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,579. Hasil analisis regresi liniear berganda adalah 0,466X1 + 0,460X2 – 0,103X3. Hasil uji F sebesar 46,324 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel kualitas produk dan kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan brand equity tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Cronin, J.J dan Taylor, S.A. "Measuring Service Quality: A Reexaminataion and Extension". Journal of Marketing , June (56):55-68, 1992.
Dharmayanti. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan sebagai Moderating Variable terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Tabungan bank Mandiri cabang Surabaya).” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol.1,no.1 April 2006, hal. 35-43.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Kodu, Sarini. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza.” Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 3 September 2013, Hal. 1251-1259.
Soebianto, Albert. “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsuen Di Kota Bandung.” E-Journal Graduate Unpar Part A : Economics, Vol. 1, No. 1 (2014)