Studi Orientasi Pasar dan Kapabilitas Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada UMKM Kerajinan Tangan di Pontianak)
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM kerajinan tangan di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode Analisis Structural Equation Model (SEM). Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 22. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas konstruk endogen menunjukkan semua indikator yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi kriteria Variance Extract yang diisyaratkan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi pasar dan kapabilitas inovasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Secara parsial menunjukkan orientasi pasar, kapabilitas inovasi, dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Referensi
Gao, Y. 2010. “Measuring marketing performance: a review and a framework” The Marketing Review, vol.10,no.1: hal. 25-40.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service InnovationCapability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hopper, Val A., Sid L. Huff, Peter C. Thirkell. 2010. “The Impact of IS-Marketing Alignment on Marketing Performance and Business Performance” The DATA BASE for Advances in Information Systems, (Febuari): hal. 36-55.
Iddris, F. 2016. “Innovation Capability: A Systematic Review and Research Agenda” Interdisciplinary Journal of Information, (September): hal. 234-260.
Liao, Ying, et al. 2011. "A mechanism for external competence transfer to improve manufacturing system capabilities and market performance." International Journal of Production Economics: hal. 68-78.
Medhika, Nyoman Gede Aditya Jay, et al. 2018. “Peran Keuanggulan Bersaing dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja UKM” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, (Maret): hal. 183-195.