Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kinerja Layanan terhadap Peningkatan Minat Anggota Menabung di CU. Banuri Harapan Kita di Batang Tarang Kabupaten Sanggau

Penulis

  • Pitania Surya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Dengan semakin berkembangnya organisasi jasa keuangan Credit Union (CU), maka persaingan untuk memperoleh nasabah akan semakin tinggi, dimana setiap organisasi keuangan akan berusaha untuk tampil beda agar dapat menarik calon nasabahnya. Beberapa upaya yang dilakukan suatu organisasi untuk meningkatkan minat anggota menabung adalah melalui diferensiasi produk dan kinerja layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan kinerja layanan terhadap peningkatan minat anggota menabung di CU Banuri Harapan Kita di Batang Tarang Kabupaten Sanggau. Sampel yang diambil sebanyak seratus responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrument pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa Diferensiasi Produk dan kinerja Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung atau Ho ditolak dan Ha diterima.

Referensi

Akbar MM dan N Parvez. 2009. “Impact of Service Quality, Trust, and Customer satisfaction on Customer Loyalty”. ABAC Journal Vol. 29, No.1 (January-April, pp.24-38).

Diah, Dharmayanti. 2006. “Analisis Dampak Service Performance dan Keputusan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, pp, 35-43.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Maski, Ghozali. 2010. “Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen and Model Logistik Studi pada Bank Syariah Malang.” Journal of Indonesian Applied Economics. Volume 4 Nomor 1 Mei.

Mayasari F, EP Kurniawati, dan PI Nugroho. 2011. “Anteseden dan konsekuen sikap nasabah dalam menggunakan internet banking dengan menggunakan kerangka technology acceptance mode (TAM)”. Survey pada pengguna BCA.

Diterbitkan

2021-07-31

Terbitan

Bagian

Articles