Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Merpati Pontianak

Penulis

  • Septiana Edita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan kinerja layanan, harga dan citra perusahaan terhadap keputusan konsumen untuk menginap. Metode penelitian ini yakni metode penelitian kuatitatif di mana populasinya adalah semua konsumen yang menginap di Hotel Merpati Pontianak dengan menggunakan Sampling insidental, sampel dalam penelitian ini sebanyak seratus orang di mana penulis menyebarkan kuesioner pada konsumen yang menginap. Dari hasil perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil dari uji reliabitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil uji F sebesar 60,339 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kinerja layanan 5,063, variabel harga 2,972, dan variabel citra perusahaan 2,039. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan kinerja layanan, harga dan citra perusahaan yang dijalankan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk menginap. Perusahaan diharapkan mempertahankan kebijakan yang telah ada untuk menarik konsumen dan memenangkan persaingan

Diterbitkan

2020-05-31

Terbitan

Bagian

Articles