Pengaruh Brand Equity dan Kinerja Layanan terhadap Kepuasan Anggota Simpanan pada CU Usaha Kita Sungai Ayak Dua, Belitang Hilir di Kabupaten Sekadau
Abstrak
Credit union (CU) adalah lembaga keuangan non perbangkan yang terwujud karena adanya kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat perdesaan akan lembaga keuangan simpan-pinjam yang mempunyai produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pendapatan masyarakat setempat. Saat ini di kalimantan barat ada terdapat 52 credit union (CU) yang menyebar di seluruh pelosok, baik di perdesaan maupun di perkotaan. Dengan demikian Brand equity di harapkan mampu membuat perusahaan itu menjadi lebih baik lagi dan loyalitas anggota terhadap CU tersebut, sehingga membuat kedisplinan anggota dalam melakukan simpanan dengan mudah, dan menarik anggota yang ingin bergabung di perusahaan tersebut menjadi lebih mudah dan bisa memberikan kredibilitas terhadap anggota yang akan bergabung dalam perusahaan.Penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, populasi seluruh anggota CU Usaha Kita Sungai Ayak Dua, sampel sebanyak 105 orang. Analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Reting dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 diterima dan H2 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel brand equity dan kinerja layanan terhadap kepuasan anggota simpanan.
Referensi
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi ke tiga belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.
Pambudi, Bambang Setiyo. 2008. “Pengaruh Kinerja Layanan terhadap Loyalitas dengan Variabel antara Kepuasan Konsumen Nasabah Bank Jatim”. Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi, Vol. 2, 2-4.
Purwato, Agus Budi. 2015. “Pengaruh service performance dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen." Jurnal Ilmiah Ekonomi, Vol. 10, 88-101.
Robbins, Stephen P., dan Mary Coulter. 2004. Manajemen. Edisi ketujuh. Jakarta: Gramedia.
Yulianty, Tetty. 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking dan Brand Equity terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Syariah Mandiri kcp Medan Aksara,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 14, 120-126.