Analisis Daya Tarik Promosi, Citra Perusahaan Dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Aston Pontianak
Abstract
Berubahnya pola perilaku konsumen membuat para tamu hotel sulit untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan tamu hotel, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel daya tarik promosi, citra perusahaan dan inovasi layanan dapat menciptakan keputusan menginap di Hotel Aston Pontianak menjadi lebih baik. Tujuan dari keputusan menginap yang lebih baik akan menimbulkan rasa ingin kembali untuk menginap dihotel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang untuk menginap di Hotel pontianak 33,440, orang berdasarkan tahun 2021 dan jumlah sampel 110 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purpoosive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Bentuk penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kausalitas yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statika Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukan bahwa variabel daya tarik promosi, citra perusahaan dan inovasi layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukan bahwa daya tarik promosi, citra perusahaan dan inovasi layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Aston Pontianak.