Pengaruh Brand Trust, Nilai Pelanggan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Produk Simpanan Pada Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus Kabupaten Kapuas Hulu
Abstract
Kajian ini bertujuan mengidentifikasi brand trust, nilai pelanggan, dan atribut produk yang diterapkan oleh Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus Kabupaten Kapuas Hulu dan untuk mengetahui pengaruh brand trust, nilai pelanggan, dan atribut produk terhadap keputusan anggota dalam memilih produk simpanan pada Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, yaitu menggunakan pengukuran skala rentang (rating scale) dan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden sangat setuju dengan kebijakan brand trust, nilai pelanggan, dan atribut produk pada Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus Kabupaten Kapuas Hulu. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand trust, nilai pelanggan, dan atribut produk yang diterapkan oleh Credit Union Keling Kumang Branch Office Benua Martinus kabupaten Kapuas Hulu sudah baik dan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh anggota yang menabung.
References
Gitosudarmo, I. (2017). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Jayanti, R. D., & Zuhri, M. Z. (2017). Analisis Pengaruh Iklan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis , 12 (1).
Kustini, N. I. (2011). Experiential Marketing, Emotional Branding, dan Brand Trust Serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pada Produk Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Akuntansi Ventura , 14 (1).
McFarlane, D. A. (2013). The Strategic Importance of Customer Value. Jurnal Pemasaran Atlantik , 2 (1), 5.
Ong, I. A., Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-11.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.