Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UKM Sektor Industri Makanan di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel orientasi pasar dan variabel inovasi produk terhadap variabel kinerja pemasaran UKM sektor industry makanan di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner, terhadap UKM sektor industri makanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian statistika uji F (secara simultan) menunjukkan bahwa model regresi linier yang layak digunakan dalam penelitian. Hasil pengujian melalui uji t (secara parsial) menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar dan variabel inovasi produk berpengaruh secara signifikan. Maka, kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UKM sektor industri makanan kota Pontianak.