Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Shell pada PT Riodi Jaya Pontianak

Authors

  • Willy Taslim Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif dan citra merek terhadap keputusan pembelian pelumas Shell pada PT Riodi Jaya Pontianak. Populasi adalah seluruh konsumen yang melakukan transaksi dengan PT Riodi Jaya Pontianak. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan mengambil objek penelitian pada PT Riodi Jaya Pontianak. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel harga kompetitif dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles