Analisis Pengaruh Kualitas Pelatihan terhadap Kompetensi Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Kualitas Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan metode pengumpulan data menggunakan, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode incidental sampling sampel sebanyak 36 responden. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument yang digunakan penelitian adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa secara simultan kualitas pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan, namun secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (t test). Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap kompetensi karyawan adalah sebesar 80,2 persen, sedangkan sisanya 19,8 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian parsial (t test) menunjukkan nilai sig variabel kualitas pelatihan terhadap kompetensi karyawan sebesar 0,518 yaitu lebih besar daripada 0,05. Hasil pengujian statistik diketahui bahwa variabel kualitas pelatihan memberikan penilaian yang tinggi terhadap kompetensi karyawan.