Analisis Pengaruh Citra Koperasi, Nilai Pelanggan, dan Kepercayaan Anggota Terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Keling Kumang Cabang Ahmad Yani di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh citra koperasi, nilai pelanggan, dan kepercayaan anggota terhadap keputusan menabung pada Credit Union Keling Kumang Cabang Ahmad Yani di Pontianak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling purposive, jumlah sampel sebanyak 120 responden yaitu anggota Credit Union Keling Kumang Cabang Ahmad Yani di Pontianak berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uju F dan uji T. Hasil pengujian menunjukan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel citra koperasi, nilai pelanggan, dan kepercayaan anggota berpengaruh terhadap keputusan menabung. Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk mempertahankan citra koperasi dan nilai pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan anggota pada keputusan menabung.