Analisis Pengaruh Atribut Toko dan Motivasi Utilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Ligo Mitra Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh atribut toko dan motivasi utilitas terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 143.712 orang dengan sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan random sampling. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut toko dan motivasi utilitas sudah baik karena sebagian responden menyatakan setuju dengan pernyataan yang ada. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini reliabel. Hasil uji F secara simultan adalah 59,873 dengan tingkat signifikansi 0.000 sedangkan hasil pengujian secara parsial ( Uji t ) menghasilkan variabel atribut toko dan motivasi utilitas berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.