Analisis Pengaruh Kepercayaan Toko dan Keterampilan Tenaga Penjual pada PT Kapuas Sukses Mandiri di Pontianak-Sentral Motor Cabang Bengkayang
Abstract
Perilaku konsumen yang selalu berubah-ubah harus dapat dipahami dan dipelajari oleh perusahaan. Oleh sebab, itu dibutuhkan strategi yang tepat dan jitu agar perusahaan dapat menguasai pangsa pasar dan keunggulan dalam bersaing di pasar sepeda motor serta dapat memperoleh kepercayaan terhadap dealer di benak konsumen. Dengan begitu banyak perusahaan mencoba untuk membuat konsumen menaruh kepercayaan terhadap dealer yang resmi menjual sepeda motor dengan menawarkan berbagai macam jenis sepeda motor yang lengkap, pengurusan surat-menyurat yang terpercaya dan cepatnya proses transaksi jual beli secara tunai serta memberikan syarat kredit cicilan yang mudah, akan membuat konsumen lebih tertarik dan menimbulkan kepercaya kepada dealer tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan toko dan keterampilan tenaga penjual terhadap keputusan pembelian pada PT Kapuas Sukses Mandiri di Pontianak-Sentral Motor Cabang Bengkayang. Metode dalam penelitian ini bersifat kuantitatif atau kausal dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 22 dengan regresi linier berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel kepercayaan toko dan keterampilan tenaga penjual terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas kepercayaan toko dan keterampilan tenaga penjual secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.