Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Layanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pondok Ale-Ale di Pontianak

Authors

  • Mila Naldita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas layanan dan perceived value terhadap kepuasan konsumen Restoran Pondok Ale-Ale di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tamu yang berkunjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image, kualitas layanan dan perceived value terhadap kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik brand image dan kualitas pelayanan yang dibangun oleh restoran serta nilai yang diberikan maka akan meningkatkan kepuasan bagi konsumen yang berkunjung.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Prayitno, Yoga, and Eddy Madiono.2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Bakmi Raja Nikmat Cabang Royal Plaza.” Surabaya: Agora. 6.2.

Puspitasari, Bibin., Musriha, and Indah Noviandari. 2017.“Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Konsumen Properti Rumah di Citraland Surabaya periode 2013-2015.” Jurnal Manajemen Branchmark. 3.3.

Saidani, Basri, dan Samsul Arifin.2012. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. , no. 1, pp. 1-22.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Subagio, Hartono, dan Robin Saputra. 2012. “Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Satisfaction dan Image Terhadap Customer Loyalty Studi Kasus Garuda Indonesia.” Jurnal Manajemen Pemasaran 7.1.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles