Analisis Pengaruh Keterampilan Menjual dan Kinerja Layanan terhadap Kinerja Tenaga Penjualan pada Perusahaan PT Asuransi Central Asia di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjual, dan kinerja layanan terhadap kinerja tenaga penjual.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga penjual PT Asuransi Central Asia (ACA) di Pontianak. Pengambilan sampel sebanyak 145 responden dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan karakterisitik tenaga penjual yang minimal sudah satu tahun bekerja pada perusahaan Asuransi Central Asia di Kota Pontianak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bentuk penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara, dan kuesioner. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), uji T, uji F dengan bantuan tabel ANOVA. Tingkat kesalahan yang dipakai pada penelitian kali ini adalah sebesar 5,00 persen. Hasil penelitian hasil uji F menyatakan bahwa variabel keterampilan menjual dan kinerja layanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja tenaga penjual. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel keterampilan menjual dan kinerja layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja tenaga penjual.