Analisis Pengaruh Atribut Produk dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Hakasima pada PD Sinar Mas Hakasima di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian produk merek Hakasima pada PD Sinar Mas Hakasima di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli produk merek Hakasima di PD Sinar Mas Hakasima di Pontianak dengan jumlah populasi 876 pelanggan berdasarkan data tahun 2016 dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 29,1 persen, sedangkan sisanya 70,9 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan harga kompetitif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan lebih meningkatkan lagi atribut produk dalam memberikan pelayanan yang baik,penampilan toko yang tertata rapi dan memberikan bonus yang menarik kepada konsumen sehingga menimbulkan rasa kepuasan tertentu dan harga kompetitif perlu diperhatikan serta di tingkatkan dengan daya beli konsumen dan tingkat kompetitif harga yang ditetapkan pesaingnya dalam menetapkan harga produk yang kompetitif.