Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli Produk Hit pada PD Anugerah Fajar di Pontianak
Abstract
Perusahaan mengupayakan untuk mencapai target penjualan dengan membentuk citra merek dan harga yang baik terhadap konsumen, agar dapat mengetahui sejauh mana pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli plroduk HIT. Tujuannya adalah untuk mengetahui respon konsumen terhadap citra merek dan harga terhadap minat beli produk HIT, mengetahui besarnya pengaruh citra merek dan harga secara signifikan terhadap minat beli. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kausalitas dengan mencari hubungan sebab akibat. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Dari uji t diperoleh hasil bahwa harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,499 untuk variabel citra merek dan 3,758 untuk variabel harga. Dari hasil uji F diperoleh hasil citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai Fhitung 26,004. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaan harus mengupayakan membentuk citra merek dan harga yang baik pada konsumen agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan.