Pengaruh Bauran Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung pada Credit Union Semandang Jaya Tempat Pelayanan di Kabupaten Sekadau
Abstract
Untuk saat ini khususnya di Kalimantan Barat banyak sekali bermunculan lembaga-lembaga keuangan non bank, salah satunya adalah Credit Union yang pada saat ini berkembang pesat dan mampu menarik perhatian masyarakat untuk menabung atau menyimpan uang di tempat tersebut, karena dengan keberadaannya membuat masyarakat merasa terbantu selain bisa untuk meyimpan uang masyarakat juga bisa meminjam untuk membuka usaha atau sebagai modal untuk membangun rumah dan lain sebagainya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 22 dengan regresi linier berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel bauran produk dan kualitas pelayanan terhadap minat menabug. Sampel yang akan digunakan merupakan respoden yang pernah melakukan pembelian produk tabungan yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan metode insidental. Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel bebas bauran produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung pada Credit Union Semandang Jaya Tempat Pelayanan di Kabupaten Sekadau.