Studi Keterampilan Menjual dan Orientasi Pelanggan terhadap Kinerja Tenaga Penjualan melalui Kualitas Produk (Studi Kasus pada Perbankan dan Asuransi di Pontianak)
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh, keterampilan menjual, dan orientasi pelanggan terhadap kinerja tenaga penjual melalui kualitas produk. Populasi dalam penelitian adalah seluruh tenaga penjual yang bekerja pada perbankan dan asuransi di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 114 responden berdasarkan metode analisis structural equation model (SEM). Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 untuk pengujian validitas, reliabilitas, dan software AMOS versi 22 untuk pengujian hipotesis. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari output maximum likelihood estimate menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji Goodness of Fit Index) menghasilkan variabel keterampilan menjual dan orientasi pelanggan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kinerja tenaga penjual melalui kualitas produk.
References
Gok, Osman., Pervin Ersoy, Gulmus Boruhan. “The Effect of User Manual Quality on Customer Satisfaction: The Mediating Effect of Perceived Product Quality.” Journal of Product & Brand Management, 2019.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Itani, Omar S., Aniefre Eddie Inyang. “The Effects of Empathy snd Listening of Salespeople on Relathionship Quality in The Retail Banking Industry.” International Journal of Bank Marketing, vol 33, Issue 6, pp. 692-716, 2015.
Lestari, Puji. “Pengaruh Technical Sales Skill dan Non Technical Sales Skill Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Melalui Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 2015.
Pettijohn, Charles E., Elizabeth J. Rozell, dan Andrew Newman. “The Relationship Between Emotional Intelligence and Customer Orientation for Pharmaceutical Salespeople.” International Journal of Pharmeceutical and Heelthcare Marketing, vol 4,no. Issue 1, pp. 21-39, 2010.