Analisis Pengaruh Iklan dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak
Abstract
Pertumbuhan penjualan sepeda motor Honda pada PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak lima tahun terakhir mengalami penurunan pada tahun terakhir, hal ini dikarenakan persaingan yang ketat penjualan produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling. Data yang diperoleh penelitian dip roses menggunakan bantuan program SPSS 23.00 (Statistical Package for Social Sciences) pada computer. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Tingkat kesalahan yang digunakan ini adalah 5,00 persen. Hasil dari penelitian ini di dapat bahwa hasil uji T menyatakan bahwa variabel iklan dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah perusahaan sebaiknya mempertahankan iklan agar konsumen tertarik untuk membeli dan mempertahankan harga secara lebi konsisten sehingga harga dapat lebih kompetitif dengan pesaingannya.
References
Ferdinand, Augusty, DBA. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen pemasaran edisi 12. PT Macanan Jaya Cermelang.
Malau, Harman, Ph. D. 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta: Bandung.
Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto, M.M. 2013. “Analisis pengaruh strategi diferensiansi, citra merek,kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di cincau station surabaya”. Jurnal manajemen pemasaran vol. 1 no.2, 1-11.