Analisis Daya Tarik Produk dan Atribut Toko terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen di Toko Swalayan Citra Niaga Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk dan atribut toko terhadap minat pembelian ulang konsumen pada Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak. Bentuk penelitian yang diggunakan adalah penelitian asosiasif, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumenter, dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 105 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang diggunakan oleh peneliti reliable. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk dan atribut toko berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk fan atribut toko berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian ulang.
References
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Subagio, Harton. 2011. “Pengaruh Atribut Supermarket terhadap motif belanja Hedonik, motif belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen,” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol, No. 6 (April). Pp. 8 – 21.
Suyonto, Danang, dan Susanti Eka Fathonah. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andy Offset.
Utami, Whidya, Christina. 2017. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.