Analisis Pengaruh Brand Trust dan Daya Tarik Produk terhadap Keputusan Pembelian Tepung Sagu Merek Daun Sagu pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya

Authors

  • Jessica Novia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana brand trust dan daya tarik produk terhadap keputusan pembelian pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya, dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap brand trust dan daya tarik produk sehingga membuat mereka memutuskan untuk membelinya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kausalitas dimana penulis ingin meneliti hubungan brand trust dan daya tarik produk terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan studi dokumenter dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya karena mencakup jumlah yang banyak sehingga dengan teknik accidental sampling maka sampel yang diambil adalah semua konsumen yang membeli tepung sagu merek Daun Sagu di PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya sebanyak 110 responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan brand trust dan daya tarik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tepung sagu merek Daun Sagu pada PT Bina Sago Lestari di Kubu Raya. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak perusahaan yaitu meningkatkan kepercayaan merek dengan cara membuat kualitas produk sagu yang berkualitas agar di kenal baik di benak konsumen. Dan meningkatkan daya tarik produk dengan cara membuat kemasannya yang menarik serta menggunakan bahan baku dengan mutu yang baik dan memberikan layanan menjanjikan jika terjadi kerusakan.

References

Abubakar, R. Naufal Bachri dan Aida Fitri. 2017. Pengaruh Kemampuan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Roti Bantal Melalui Daya Tarik Produk dan Daya Tarik Promosi Sebagai Variabel Mediasi di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Indonesia, no.1 , hal.31-48

Badan Pusat Statistik. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Perkebunan

Cakmak. 2016. The Role of Brand Awareness on Brand Image, Perceiver Quality and Effect on Risk in Create Brand Trust. Global Journal on Humanities and Social Sciences , hal.177-186.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kustini, Nuruni Ika. 2014. Experiental Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcyle Product. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura 14.1. Hal. 19-28.

Riana Gede. 2012. Pengaruh Trust In a Brand Terhadap Brand Loyalitas Pada Konsumen Keputusan Pembelian Leasing Sepeda Motor di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 14, No.2, hal. 26-31.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles