Pengaruh Orientasi Pelanggan, Inovasi Produk Dan Hubungan Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Cafe Dan Restoran Di Kota Pontianak
Abstract
Salah satu contohnya adalah dengan mendirikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu Cafe dan Restoran, akan tetapi para pelaku usaha tersebut harus dituntut juga agar dapat bersaing karena lajunya perkembangan dan minat para pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap Orientaasi Pelanggan, Inovasi Produk dan Hubungan Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran pada Cafe dan restoran di Pontianak. Menggunakan skala likert untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pelanggan, Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran Organisasional yang di uji menggunakan uji linearitas, uji linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel Kinerja Pemasaran Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan studi pustaka.