Analisis Pengaruh Brand Trust, Harga Kompetitif dan Promosi terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Harmony In Di Kubu Raya

Authors

  • Hendri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand trust, harga kompetitif dan promosi yang diterapkan pada Hotel Harmony In di Kubu Raya apakah terdapat pengaruh terhadap keputusan menginap kembali. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasinya seratus responden pada Hotel Harmony In di Kubu Raya. Teknik pengumpulan data adalah teknik accidental sampling, sampel yang digunakan adalah seluruh konsumen yang pernah menginap dan konsumen yang berdomisili disekitar Hotel Harmony In di Kubu Raya dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa brand trust, harga kompetitif dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan penulis kepada perusahaan adalah dapat membentuk kepercayaan merek dari konsumen dengan meningkatkan interaksi konsumen terhadap fasilitas atau produk dan jasa perusahaan, memberikan harga yang kompetitif secara konsisten sehingga dapat berkompetitif dengan pesaingnya dan melakukan strategi periklanan dengan memperhatikan kualitas promosi yang menarik agar dapat meningkatkan daya promosi yang lebih kreatif dan inovatif.

References

Ferrinadewi, Erna. Merek dan Psikologi Konsumen, Jilid 1, Edisi satu. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, edisi kesebelas, jilid 2. Jakarta: Indeks, 2005.

Lenggogeni, Laylani dan Augusty Tae Ferdinand. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian.” Diponegoro Journal Of Management, vol.5, no.3, 2016, hal.1-12.

Putri, Adriana Lantika dan Ferdinand, Augusty Tae. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap keputusan pembelian Pada Toko H.A Laury di Semarang.” Diponegoro Journal Of Management, vol.5, no.3, Tahun 2016, hal.1-13.

Tjahyadi, Rully Arlan. “Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek”. Jurnal Manajemen, vol.6, no.1, November 2006, hal.73-76.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles