Analisis Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth opportunity (sales growth), profitabilitas (return on investment) dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal (debt to equity ratio). Populasi berjumlah delapan belas Perusahaan Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia dan sampel sebelas perusahaan dengan penentuan berdasarakan motede purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan menggunakan bantuan software SPSS Statistic versi 22. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi. Pembahasan didahului dengan analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, penentuan regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi, uji F (uji kelayakan model) dan uji t (uji signifikansi parameter individual). Hasil analisis menunjukkan bahwa growth opportunity dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan struktur modal berpengaruh negatif.