Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Kualitas Kepercayaan Pelanggan terhadap Kesetiaan Anggota pada Kantor Pusat Credit Union Lantang Tipo di Pusat Damai Kabupaten Sanggau
Abstract
CU Lantang Tipo Pusat Damai adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan. Sama halnya dengan lembaga keuangan lainnya CU Lantang Tipo Pusat Damai juga menawarkan berbagai produk simpanan, pinjaman dan juga layanan. Dengan semakin tingginya tingkat persaingan dibidang lembaga keuangan menuntut CU Lantang Tipo Pusat Damai untuk semakin meningkatkan kinerja pelayanan dan juga meningkatkan kepercayaan anggotanya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Teknik pengampilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 100 orang dan penentuan ukuran sampel berdasarkan rumus slovin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji F dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 diterima dan H2 diterima, dapat disimpulkan bahwa kinerja pelayanan dan kualitas kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh terhadap kesetiaan anggota. Penulis menyarankan agar CU Lantang Tipo Pusat Damai tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja pelayanannya serta tetap menjaga kepercayaan para anggotanya agar kesetiaan anggota terhadap CU semakin kuat.