Keragaman Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak
Abstract
Pada era globalisasi ini perkembangan bisnis ritel semakin berkembang dan semakin rumit sehingga membuat para pelaku bisnis retail terus bersaing dalam melakukan perkembangan inovasi untuk menarik orang – orang datang berbelanja ditoko para pelaku bisnis retail. Saat ini para pelaku bisnis retail modern mulai mencari berbagai elemen yang dapat meningkatkan performa mereka dalam bisnis ini. Untuk bisa meningkatkan daya saing perusahaan, perusahaan harus memiliki sebuah nilai tambah yang dapat dipakai untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya. Salah satu hal yang dapat mendukung peningkatan daya saing tersebut adalah keragaman produk yang dijual dalam toko peritel, dan promosi yang dapat menarik perhatian orang. Toko merupakan sebuah swalayan sekaligus department store yang terletak dikota Pontianak. Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak bergerak dalam bidang bisnis ritel bagian market dan department store. Dimana Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak menjual berbagai macam produk dan pakaian. Swalayan merupakan melayani diri sendiri. Department store merupakan toko serba ada dimana produk atau barang yang dibutuhkan oleh konsumen secara pribadi dan rumah tangga. Dalam peneitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif dan pengumpulan sampel sebanyak 100 orang dari responden Toko, setiap analisis menggunakan Skala Likert dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian H1 diterima dan H2 diterima.