Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Citra Merek terhadap Minat Membeli Beras Cap Bunga pada CV Sukses Mandiri di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas produk, harga kompetitif dan citra merek terhadap minat membeli konsumen. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah membeli beras cap bunga di CV Sukses Mandiri Pontianak yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Sampel yang digunakan sebanyak seratus responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada para konsumen. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,699. Hasil. Hasil uji F sebesar 74,459 pada tingkat signifikansi 0,05.Sedangkan pada uji t menghasilkan variable kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, variable harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli dan variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli.
References
Adriana Latika Putri dan Augusty Tae Ferdinand. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H. A Laury di Semarang.” Journal Of Manajement, Volume 5, Nomor 3, 2016, pp. 2337-3729.
Hendra Fure. “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehat Cilacap”. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 3, September 2013. Pp.273-283.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2018.
Yosua, Prawira. “Pengaruh Citra Merek, Presepsi Harga, dan Kualitas Produk Tehadap Minat Beli Pelanggan”. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 6, November 2019, pp 71-76.