Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Daya Tarik Produk terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada CU Semandang Jaya Kecamatan Air Upas Kabupaten Ketapang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh uji signifikan antara variabel citra perusahaan dan daya tarik produk terhadap keputusan nasabah. Populasi yang digunakan adalah anggota pada CU Semandang Jaya Kecamatan Air Upas. Sampel yang diambil sebanyak seratus responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Teknik analisis data mengunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis kualitatif adalah Skala Likert. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, autokorelasi dan heterokedastisitas), uji korelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukan bahwa citra perusahaan Ho ditolak Ha diterima dinyatakan berpengaruh secara signifikan dan untuk variabel daya tarik produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah atau Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.
Putra, I. Putra Danika Angga, Nyoman and Putu Sukaatmadja.”Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap WOM Loyalitas”. Rotum Manajamen JTMI Handayani Denpasar, Vol. 13 no. 2, 2017.
Putri, Yuniar Anggita, Ibnu widiyanto, and Sri Rahayu. ”Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro.” Diss. Diponegoro University, 2013.
Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2016.
Suhartanto, Dwi. Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta, 2014