Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan dan Brand Experience terhadap Kinerja Tenaga Penjual. (Studi pada Dealer Sepeda Motor Honda, Yamaha, Suzuki di Pontianak)
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas hubungan pelanggan dan brand experience terhadap kinerja tenaga penjual sepeda motor di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif kausalitas, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi documenter dan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah tenaga penjual sepeda motor yang menjual motor merek Honda, Yamaha, Suzuki. Sampel yang digunakan penulis menggunakan metode accidental sampling dengan menetapkan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas hubungan pelanggan dan brand experience secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas hubungan pelanggan dan brand experience berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga penjual.