KUALITAS PELAYANAN BAGIAN KREDIT PADA CREDIT UNION SEMANDANG JAYA DI BALAI SEMANDANG KABUPATEN KETAPANG

Authors

  • Lanius Emanuel

Abstract

Setiap Credit Union (CU)yang didirikan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dengan menyediakan produk pelayanan simpanan, produk pelayanan pinjaman (kredit), produk pelayanan sosial dan produk solidaritas.Tingginya pertumbuhan angka kredit macet/non-performing loans (NPL) mencapai 98,88 persen tahun 2010 dan 33,59 persen tahun 2012 menimbulkan pertanyaan besar tentang kualitas pelayanan di Bagian Kredit serta bisa mengancam kelangsungan (sustainability) Credit Union Semandang Jaya ke depan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Bagian Kredit dan tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan di Bagian Kredit pada Credit Union Semandang Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter, populasi sebanyak 11.225 orang anggota peminjam, sampel menggunakan metodepurposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang anggota peminjam dengan berbagai kriteria, sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif, untuk memperjelas analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Likert.

Downloads

Published

2016-07-16

Issue

Section

Articles