BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA RESTORAN KENTUCKY FRIED CHICKEN GAJAH MADA DI PONTIANAK
Authors
Leo Sugiarto
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran ritel, untuk mengetahui tanggapan responden terhadap bauran pemasaran ritel, dan untuk mengetahui seberapa besar bauran pemasaran ritel mempengaruhi minat membeli konsumen pada Restoran Kentucky Fried Chicken Gajah Mada di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel 100 responden yang pernah melakukan pembelian di Restoran KFC Gajah Mada di Pontianak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan software SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran ritel yang diuji menggunakan regresi linear berganda, uji simultan, uji parsial, uji normalitas, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan autokorelasi terhadap variabel minat membeli. Mempunyai hasil bahwa bauran pemasaran ritel memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat membeli konsumen. Kesimpulan yang didapat adalah bauran pemasaran ritel mempunyai pengaruh yang postif terhadap minat membeli pada Restoran KFC Gajah Mada di Pontianak. Restoran diharapkan mempertahankan strategi bauran pemasaran ritel juga melakukan perubahan yang lebih baik untuk menarik minat membeli konsumen dan untuk memenangkan persaingan sehingga meningkatkan volume penjualan restoran.