KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASANPELANGGAN PADA CV LINTAS UNCAK KAPUAS DI PONTIANAK
Authors
Catren Andriani Orin
Abstract
CV Lintas Uncak Kapuas di Pontianak adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa angkutan penumpang. Agar kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar diperlukan hubungan kerjasama yang baik antara berbagai bagian yang ada, tarif yang sesuai dan pelayanan konsumen yang memuaskan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengatipasi keadaan, bagaimana perusahaan menciptakan nilai dan kualitas yang dapat menciptakan kepuasaan pelanggan ataupun penumpang. Kualitas Pelayanan perusahaan antara lain tingkat pelayanan ternyata merupakan faktor yang mempengaruhi pengguna jasa terhadap preferensinya atas pelayanan operator. Hasil dari perhitungan persentase adalah pelayanan fasilitas dan kinerja yang diberikan kepada penumpang bus tergambarkan sebesar 69,73 % dengan kategori “Puas” karena masuk pada rentang 66,00%-80,00%. Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diharapkan dapat meminimalkan kekecewaan konsumen terhadap pelayanan. Adapun kebijakan yang diambil sebagai langkah mengatasi permasalahan kepuasaan pelanggan antaralain: batasan usia bus yang beroperasi, memberikan pelayanan yang baik, tarif yang sesuai, halte bus yang didesain menarik dan tempat yang tepat untuk pemberhentian bus, serta memberikan jadwal keberangkatan bus yang jelas, supaya penumpang tetap loyal terhadap perusahaan.