KEBIJAKAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA MENABUNG PADA CREDIT UNION MURA KOPA DI BALAI KARANGAN

Authors

  • Miluanus Miluanus

Abstract

CU Mura Kopa di Balai Karangan merupakan salah satu Koperasi Simpan Pinjam yang berada di bawah naungan Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa Pontianak. Sudah terdaftar pada Dinas Koperasi dengan Berbadan Hukum Nomor: 169/BH/X.2/12 SEPT.2015, beralamat di Jalan Raya Entikong Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat anggota menabung terhadap kebijakan pemasaran yang diterapkan. Bentuk penelitian deskriptif dengan metode survei. Variabel penelitian yaitu Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Bukti Fisik, Proses, dan Layanan Pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Populasinya adalah anggota berjumlah 8.638 orang. Metode yang digunakan dalam penarikan jumlah sampel yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebagai responden sebanyak seratus orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa CU Mura Kopa di Balai Karangan sudah cukup baik dalam menerapkan kebijakan pemasarannya terhadap kebijakan Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Bukti Fisik, Proses, dan Layanan Pelanggan. Persepsi responden yang baik terhadap CU dalam menetapkan kebijakan pemasarannya. Saran yang diberikan penulis adalah  CU harus lebih menarik perhatian responden sehingga anggota berminat menabung. CU harus gencar melakukan promosi produk dan pelayanan, sehingga dapat meningkatkan minat anggota menabung dan memotivasi calon anggota.

Downloads

Published

2017-03-21

Issue

Section

Articles