Kualitas Pelayanan Bimbingan Belajar di Ganesha, Unit Operasi Sultan Abdurrahman di Pontianak

Authors

  • Margareta Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan bimbingan belajar Ganesha, Unit Operasi Sultan Abdurrahman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pembagian kuesioner, wawancara dengan pihak bimbingan belajar dan studi dokumenter bimbingan belajar. Penulis melakukan penelitian mengenai kualitas pelayanan dengan membagikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta bimbingan belajar, dengan sampel berjumlah 100 orang yang merupakan peserta bimbingan berjenjang pendidikan XII SMA yang menggunakan program reguler dan aktif mengikuti bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) dan Tangibles (Benda Berwujud) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh bimbingan belajar kepada peserta bimbingan untuk memperoleh prestasi belajar.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Articles