FAKTOR-FAKTOR LOYALITAS ANGGOTA PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TP BELITANG BERSATU
Abstract
Anggota yang tidak puas dengan pelayanan suatu lembaga keuangan akan meninggalkan lembaga tersebut dan menjadi anggota pesaing lain. Oleh sebab itu tingkat loyalitas anggota harus segera diketahui dan diperhatikan, karena akan menyebabkan penurunan pendapatan bagi lembaga dan bahkan kerugian. Anggota bukan hanya sekedar pengguna jasa Credit Union tetapi merupakan pemilik dari lembaga tersebut. Ini mempertegas bahwa anggota memang berhak mendapatkan pelayanan yang layak dan berkualitas untuk mempertahankan loyalitasnya. Anggota yang loyal atau setia akan bertahan dan tetap berkomitmen pada perjanjian dalam kondisi apapun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebijakan Credit Union Keling Kumang dalam meningkatkan loyalitas anggota dan Faktor-faktor yang dapat meningkatkan loyalitas anggota Credit Union Keling Kumang TP Belitang Bersatu sudah dilaksanakan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengetahui respon anggota yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, studi dokumenter dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah para anggota Credit Union Keling Kumang TP Belitang Bersatu dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Skala Likert dan Diagram Kartesius.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan CU Keling Kumang dalam meningkatkan loyalitas anggota yaitu dengan membuat standar pelayanan di kantor maupun di lapangan, membuat kebijakan produk simpanan, produk pinjaman atau produk sosial yang sesuai kebutuhan anggota, mengatasi keluhan atau komplain anggota secara cepat serta pembagian SHU yang sesuai dengan keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT).Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota dan belum terlaksana dengan baik oleh manajemen adalah pada driver atau dimensi biaya peralihan (switching cost), yaitu biaya administrasi menjadi anggota CU Keling Kumang, besarnya bunga pinjaman belum sebanding dengan manfaat yang diperoleh anggota, biaya pengiriman uang CU Keling Kumang, potongan administrasi tahunan anggota dan iuran tahunan anggota.