PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BISNIS PADA PT BANK PANIN, Tbk. CABANG UTAMA PONTIANAK
Authors
Stevanni Christin
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh brand equity terhadap loyalitas nasabah Tabungan Bisnis Panin. Metode penelitian yakni deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah semua nasabah Tabungan Bisnis Panin pada tahun 2014 yang ada di PT Bank Panin Tbk Cabang Utama di kota Pontianak yang telah menggunakan Tabungan Bisnis Panin. Penulis mengambil sampel sebanyak seratus orang dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria pernah menggunakan dan sedang menggunakan Tabungan Bisnis Panin. Dari perhitungan yang dilakukan oleh penulis, penulis mendapatkan semua variabel bebas yang digunakan oleh peneliti adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,933. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, maka persamaan regresi berganda adalah Y = 0,475 – 0,021X1 +0,071X2 + 0,272X3+ 0,560X4. Hasil perhitungan uji F menghasilkan nilai sebesar 328,922 pada tingkat signifikansi 0,005. Pengujian secara parsial menghasilkan variabel brand awareness tidak memiliki berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah, sedangkan variabel brand association, brand loyalty dan perceived quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah.