KEBIJAKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PINJAMAN KELOMPOK PADA CREDIT UNION KELING KUMANG DI TEMPAT PELAYANAN SINGA MACAN
Authors
Antonius Antong
Abstract
CU Keling Kumang TP Singa Macan di Sungai Kura merupakan salah satu Koperasi Simpan Pinjam yang berada di bawah naungan Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa Pontianak. Sudah terdaftar pada Dinas Koperasi dengan Berbadan Hukum Nomor 50b/BH/PAD/X beralamat Jalan Lintas Saran, Desa Benua Kencana, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pinjaman kelompok yang diterapkan. Bentuk penelitian deskriptif dengan metode survei variabel penelitian yaitu: Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Berwujud. Bentuk penelitian artikel ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi penelitian adalah anggota CU Keling Kumang yang meminjam secara kelompok yang berjumlah 637 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa CU Keling Kumang TP Singa Macan sudah cukup baik dalam menerapkan kebijakan pelayanan terhadap kebijakan Keandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan sedangkan tanggapan responden tentang empati dan bukti fisik belum terlaksana dengan baik. Saran yang diberikan penulis adalah CU harus meningkatkan pendampingan dan melakukan kunjungan lapangan secara terus menerus. CU harus gencar melakukan pendidikan keuangan keluarga secara terus menerus melalui program Financial Literacy (FL). CU harus menyediakan buku kas kelompok dan mengajarkan sistem pencatatan keuangan kelompok kepada Pengurus kelompok.