Pengaruh Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada Credit Union Lantang Tipo TP Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Credit Union bukan lagi sekedar lembaga keuangan tetapi bisa dikatakan gerakan ekonomi karena besarnya pengaruh dan luasnya dampak yang dihasilkan kinerja pelayanan Credit Union terhadap kehidupan masyarakat. Dengan meningkatkan kinerja pelayanan sehingga masyarakat dapat merasakan kinerja yang diterapkan sehingga dapat mempengaruhi seseorang untuk menjadi anggota pada sebuah Credit Union. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumenter. Dari hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa responden setuju bahwa variabel kinerja pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota. Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel bebas kinerja pelayanan (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pada Credit Union Lantang Tipo TP Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya.