Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Menyimpan pada Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan Ahmad Yani di Pontianak
Abstract
Tingginya tingkat kebutuhan yang tidak sebanding dengan pendapatan membuat setiap rumah tangga harus mengalokasikan dana keuangan secara baik-baik. Menabung merupakan salah satu jalan bagi sseorang untuk mengalokasikan kelebihan dananya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek dan kinerja layanan terhadap keputusan menyimpan pada CU Keling Kumang Tempat Pelayanan Ahmad Yani Di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota CU Keling Kumang TP Ahmad Yani di Pontianak yang berjumlah 2.015 orang, serta sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil pengujian regresi maka dapat di ketahui bahwa variabel yang paling besar pengaruh nya terhadap keputusan menyimpan pada CU adalah variabel kinerja layanan, karna kinerja layanan memiliki nilai beta dan Thitung yang besar serta memiliki nilai probabilitas yang rendah dari variabel lainnya. Dari hasil pengujian uji t, didapatkan bahwa variabel kepercayaan merek tidak mempunyai pengaruh yang signfikan terhadap variabel keputusan menyimpan pada CU, sedangkan untuk variabel kinerja layanan mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap variabel keputusan menyimpan pada CU Keling Kumang TP Ahmad Yani di Pontianak.