Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan Tangan di Kota Pontianak
Abstract
Perekonomian selalu berubah setiap tahunnya, oleh karena itu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mencari strategi untuk memperoleh lebih banyak konsumen dengan berorientasi pada pasar yakni: orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi antar fungsi dengan produk yang inovatif yang mempunyai keunikannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan invoasi produk terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel . Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Secara parsial menujukkan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.