Pengaruh Kualitas Makanan, Daya Tarik Varian Menu, dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran Blue Sapphire di Hotel Kini Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas makanan, daya tarik varian menu dan kinerja pelayanan terhadap minat beli ulang pada Restoran Blue Sapphire di Hotel Kini Pontianak dan untuk mengetahui kebijakan kualitas makanan, daya tarik varian menu dan kinerja pelayanan yang diterapkan Restoran Blue Sapphire. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah mengunjungi Restoran Blue Sapphire. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden menggunakan perhitungan rumus Ferdinand dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan adalah masing-masing variabel kualitas makanan, daya tarik varian menu dan kinerja pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah pihak Restoran Blue Sapphire sebaiknya meningkatkan kinerja layanan dari karyawan agar lebih sigap dalam melayani keluhan konsumen dan meningkatkan lagi kualitas koki agar dapat menciptakan menu baru.