Pengaruh Citra Merek dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Produk Sinar Dunia pada PT Asia Mandiri Pontianak
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara citra merek dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada produk Sinar Dunia di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknis pengambilan sampel menggunakan purposive sampling serta rumus metode slovin dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif-kuantitatif, dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa variabel citra merek dan variabel harga kompetitif yang diuji menggunakan regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel harga kompetitif, selanjutnya diikuti dengan variabel citra merek.