Pengaruh Orientasi Pasar dan Kepercayaan Merek terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Produk Makanan Dan Minuman di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar dan kepercayaan merek terhadap kinerja pemasaran UMKM produk makanan dan minuman di Kota Pontianak. Maka setiap UMKM produk makanan dan minuman harus melakukan strategi dalam memenangkan persaingan sejenisnya yang semakin ketat dengan mengerti akan orientasi pasar dan kepercayaaan merek sehingga meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh UMKM produk makanan dan minuman di Kota Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu dengan pemilihan sampel secara subjektif berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 responden. Hasil penelitian menunjukkan semakin baik orientasi pasar dan kepercayaan merek yang akan mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM produk makanan dan minuman.