Pengaruh Citra Merek dan Kinerja Pelayanan terhadap Kinerja Penjualan Distributor Produk Monosodium Glutamat Ajinomoto pada PD Asia Agung Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image), dan kinerja pelayanan (service performance) terhadap kinerja penjualan (sales performance). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pengecer produk Monosodium Glutamat Ajinomoto (MSG) yang ada di Kota Pontianak. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan karakterisitik pedagang pengecer yang minimal sudah satu tahun menjual produk MSG Ajinomoto di Kota Pontianak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bentuk penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara, dan kuesioner. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), uji T, uji F dengan bantuan tabel ANOVA. Tingkat kesalahan yang dipakai pada penelitian kali ini adalah sebesar 5,00 persen. Hasil penelitian hasil uji F menyatakan bahwa variabel citra merek dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja penjualan. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel citra merek dan kinerja pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja penjualan.