Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Authors

  • Clara Crister Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak

Keywords:

kepemimpinan, komitmen organisasi, stres kerja, kepuasan kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komitmen organisasi dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak berjumlah 57 karyawan dijadikan sampel. Pembahasan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Data yang didapatkan oleh peneliti kemudian diolah denganmenggunakan program SPSS versi 25. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan, komitmen organisasi dan stres kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dan positif kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan, komitmen organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan, stres kerja berpengaruh tidak signifikan dan negatif terhadap kepuasan kerja karyawan pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Penulis menyarankankepemimpinan yang sudah baik dapat dipertahankan, agar kepuasan kerja pada setiap karyawan dapat terus meningkat, komitmen organisasi pada setiap individu-individu karyawan selalu diperhatikan agar karyawan memiliki keinginan yang kuat untuk tetap bertahan sebagai bagian dari organisasi, organisasi tetap mengelola stres kerja dengan baik sehingga stres kerja pada karyawan tidak meningkat dan tingkat kepuasan kerja pada karyawan tidak menurun.

References

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stres Kerja. Semarang: Semarang University Press.

Asmara, H. (2017). Kepemimpinan (Teori dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Busro, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Expert.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenanda Media.

Handoko, H. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Harahap & Tirtayasa. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Cabang Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 03(01), 120-135.

Nigrum, H. F., Nasution. F., Purboyo., Sartika. D., Suriadi., Yuliana. R., Sudirman. A., Nurlinda. R. A., Marlena. N., Lukitaningtias. F., Zilawati., Wardhana. A., Siregar. P, ... Sugianingrat. I. A. P. W. (2021). Pengantar Ilmu Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

Robbin, S. P & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Yusuf, R. M & Syarif, D. (2017). Komitmen Organisasi. Cv Nas Media Pustaka: Makasar.

Downloads

Published

2024-06-27

Issue

Section

Articles